Review Lenovo IdeaPad G400s 485, notebook Core i5 5 jutaan

 On 22 Jul 2013  

Laptop lenovo ideapad G400S

Lenovo IdeaPad G400s 485 adalah salah satu notebook dengan prosesor Intel Core i5 yang dibandrol di kisaran 5 jutaan. Harga ini tergolong murah karena kebanyakan notebook dengan prosesor serupa berada di kisaran harga 6 juta keatas. Dengan harga yang menggiurkan, notebook ini bisa masuk dalam target pembelian buat Anda yang sedang mencari sebuah notebook baru. Namun, tak ada gading yang tak retak, begitu pula sebuah notebook. Jadi, seberapa pantaskah notebook ini menjadi pendamping Anda berkegiatan sehari-hari? Simak reviewnya berikut:

Prosesor: Core i5-3230M

Lenovo IdeaPad G400s 485 dibekali dengan prosesor Core i5-3230M yang masuk dalam keluarga sandy bridge. Prosesor ini tergolong baru karena baru diperkenalkan pada januari lalu. Kemampuan prosesor ini bisa dikatakan cukup mumpuni dalam melakukan tugas komputasi sehari-hari, hingga mengedit foto dan bermain game. Prosesor dual-core dengan kecepatan 2,6 Ghz ini memiliki skor PassMark nyaris 4000, tepatnya 3992, sehingga sudah terlihat ketangguhanya untuk notebook sekelas.



RAM: 4GB DDR3

Tidak ada yang spesial dari penggunaan RAM notebook ini. Lenovo membekali notebook ini dengan RAM standard untuk notebook jaman sekarang, 4GB. Namun, jika Anda berencana untuk menambah RAM pada notebook ini, IdeaPad G400s 485 mampu menampung hingga 16GB memory dalam dua slot.

GPU: NVIDIA GeForce GT720M

Walaupun masuk dalam kelas entry level GPU, namun NVIDIA GeForce GT720M memiliki performa lebih baik dari sekedar GPU bawaan prosesor Intel seperti Intel HD4000. Dilansir dari notebookcheck.net, kedua GPU ini masuk ke dalam GPU class 3, namun berbeda posisi dengan GT720M berada jauh diatas HD4000. Dengan GPU ini, masih mampu menjalankan beberapa game kelas berat seperti Dead Space 3, Far Cry 3, dan Mass Effect 3 namun dengan setingan low. Sedangkan untuk Anda penggemar game Fifa 13, Anda masih bisa menikmatinya dengan kualitas high. Source: here

HDD: 500GB

Penggunaan HDD pada notebook ini dirasa wajar karena memang harga yang ditawarkan pun relatif murah. Penggunaan SSD, seperti yang banyak digunakan pada ultrabook jaman sekarang, tentu saja akan semakin menaikan harga jual notebook ini. Namun, jika Anda memiliki sedikit uang lebih, sangat disarankan untuk menggati HDD dengan SSD untuk mendapatkan performa yang lebih baik. konsultasikan terlebih dahulu dengan tempat Anda membeli notebook.

Layar: 14 inch

Diposisikan sebagai notebook yang relatif murah dengan prosesor Core i5, Lenovo tidak membekali notebook ini dengan kemampuan layar sentuh seperti tren yang sedang berkembang. Lenovo hanya membekali dengan layar sebesar 14 inch dengan resolusi 1366 x 768 piksel.

Baterai: 4 cell

Lenovo hanya membekali baterai 4 cell pada notebook ini. Penggunaan baterai 4 cell, walaupun diklaim hingga 4 jam. Namun, dalam kenyataanya untuk mendapatkan waktu menyala 4 jam, tentu saja sedikit kegiatan yang Anda kerjakan di depan notebook. 2 hingga 3 jam adalah waktu yang wajar untuk notebook dengan baterai 4 cell dan hardware yang haus daya. Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan sering melakukan pekerjaan dengan notebook, jangan pernah lupa untuk membawa charger notebook ini agar tidak kehabisan daya. Namun, jika Anda lebih banyak dirumah dan menggunakan notebook di tempat yang jarang sumber listriknya hanya beberapa kali, baterai bukan lagi masalah.

Harga: 5.500k

Cukup menggiurkan melihat Lenovo IdeaPad G400s 485 dengan spesifikasi seperti ini dibandrol seharga 5.500k saja, sedangkan untuk produk lain dengan spesifikasi serupa dibandrol diatas 6 juta.

Kesimpulan:

Penggunaan prosesor Core i5 dengan dedicated GPU Nvidia pada notebook ini memberikan daya tarik tersendiri pada produk Lenovo satu ini. Secara keseluruhan, notebook ini memiliki kinerja komputasi yang cukup tinggi dengan harga yang terjangkau dibandingkan dengan nnotebook-notebook berprosesor Core i5 lainnya. Namun, spesifikasi tinggi yang ditawarkan sebagai kelebihanya ternyata memiliki titik lemah pada baterai 4 cell yang digunakannya. Dengan baterai 4 cell, notebook ini hanya mampu bertahan kisaran 2 jam atau kurang, tergantung pemakaian Anda. Bisa dipahami bahwa penggunaan baterai 4 cell juga guna memotong harga jualnya di pasaran. Namun, positifnya adalah bagi Anda yang jarang berpergian menggunakan notebook, berkesempatan untuk memiliki notebook dengan spesifikasi yang cukup tinggi dengan harga yang bersahabat dikantong, plus extra 2 - 3jam tambahan untuk digunakan dengan baterai.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad G400s 485:
  • Processor: Intel® Core™ i5-3230M Processor (3.20 GHz, Cache 3M)
  • Memori: 4 GB DDR3 PC-12800
  • Video Type: NVIDIA GeForce GT720M 2GB
  • Ukuran Layar: 14" WXGA LED
  • Max. Resolusi Layar: 1366 x 768
  • Teknologi Layar: LED
  • Audio: Integrated
  • Speaker: Integrated
  • Hard Drive Type: 500 GB Serial ATA 5400 RPM
  • Networking: Integrated
  • Kecepatan Jaringan: 10 / 100 Mbps
  • Wireless Network Type: Integrated
  • Wireless Network Protocol: IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
  • Wireless Bluetooth: Available with 4.0
  • Keyboard: AccuType Keyboard
  • Input Device: Touch Pad
  • Card Reader Provided: 2 -in-1 card reader (SD/MMC)
  • Antarmuka / Interface: 1x USB 2.0, 2x USB 3.0, VGA, LAN, Audio
  • Baterai: 4 Cell
  • Daya / Power: External AC Adapter
  • Dimensi: 349 x 244 x 25.8 mm
  • Berat: 2.2 kg with 4 cell battery

Galeri:





Review Lenovo IdeaPad G400s 485, notebook Core i5 5 jutaan 4.5 5 Unknown 22 Jul 2013 Harga laptop Lenovo IdeaPad G400s 485 dikisaran 5 jutaan, hadir dengan prosesor Core i5 untuk kelas menengah Lenovo IdeaPad G400s 485 adalah salah satu notebook dengan prosesor Intel Core i5 yang dibandrol di kisaran 5 jutaan. Harga ini tergolong m...


59 komentar:

  1. ada HDMI gak gan?
    kabari ya di www.adjiebrotot.com
    saya mau beli laptop nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas bro, http://shopap.lenovo.com/sg/en/laptops/essential/g-series/g400s/

      Hapus
  2. Mas hendra...
    Apa mas juga pakai notebook Lenovo G400S juga ?
    Klo iya, saya mau minta pencerahan. Klo ngga saya juga ttp minta pencerahan... :maksa hehehe

    Begini mas, dari manual book yang saya baca pada lenovo G400s untuk menonaktifkan wifi harus menekan tombol Airplane Mode (menjadi satu dengan F7 --ada gambar pesawatnya). Namun ketika saya coba ternyata tidak bisa. Sudah saya coba dengan kombinasi tombol Fn hasilnya tetap sama.alhasil wifi dan bluetooth saya tidak bisa dinonaktifkan.
    Mohon solusinya mas...
    Thanks

    regards
    Ridwan
    ridwan1811@gmail.com

    BalasHapus
  3. setelah instal ulang,, animasi seperti volume hilang,, dan fungsi f7 tidak berfungsi, sudah di instal driver tidak masuk,, itu kenapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane juga pernah ngalamin kyak gini, waktu itu sih tinggal Instal driver nya aja sih, asalkan sesuai dengan os nya. Nah itu drivernya gak bisa masuk kenapa gan?

      Hapus
  4. gann ane baru beli ni laptop, tapi kok USB 3nya tidak mau membaca apa2 ya? yg berfungsi hanya USB 2..

    BalasHapus
  5. ini gak available buat xp ya om?
    gw search driver buat xp kok gak ketemu ya? :(
    tulung om kalo ada driver buat xp-nya di share juga ya om..
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek ini http://support.lenovo.com/en_US/downloads/detail.page?DocID=DS004144

      Hapus
  6. ini laptop kembaranya g405s ya? ane liat speknya 11-12 tp kok harganya beda 1jtan ya, kalo di tandingin mending yang mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk performanya sih masih lebih tinggi G400s, walau GPU G400s setingkat lebih rendah dari punya G405s tapi nyaris sama performanya

      Hapus
  7. mas, laptop ini dah ada control baterainya gk ?

    BalasHapus
  8. gan menurut ente kalo buat editing video bagus yang g400s atau yg g405s ?? alesannya knp gan.. terimakasih sblmnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. More core, do more, katanya begitu. Tapi, pada kenyataanya banyak kontribusi lain seperti kecepatan prosesor, fitur prosesornya, RAM, dll. G405s memang pure 4 core, tapi Core i5 di G400s memiliki fitur Hyperthreading, jadi punya 4 thread, mirip prosesor quad-core. Kalau VGA nyaris sama performanya, RAM sama, kalo ane pilih G400s

      Hapus
    2. tapi klo semisal ane mau tambah ram jadi 8gb mendingan yang mana gan ? makasih bgt ni master..

      Hapus
    3. tetep vote G400s, AMD masih tertinggal jauh dalam hal performa dibanding Intel, seperti yg dikutip dari review MSI GX70H di notebookcheck.net, "bla bla bla equipped with the fastest quad-core processor from AMD's A-series. However, you should be careful with the adjective fast in this context since it is well-known that AMD is far behind the competition from Intel in terms of performance", tapi untuk urusan harga yg reasonable, AMD jagonya. O iya, ane bukan master :)

      Hapus
  9. Ane punya pertanyaan. Lebih pilih lenovo g470 i3 atau g400s?, lagi bingung pilih laptop nih..

    BalasHapus
  10. mw tax gan, qra" lenovo g400s sperti gmbr d ats bsa d tmbh gk RAMx?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, G400s slot memorinya ada dua, max sampai 16 GB

      Hapus
  11. kalo battery nya diganti dengan 6 cell atau yg lebih tinggi bisa gak masbro? trus G400s ini cepat panas gak? kalo dibawa main game seperti COD Black Ops atau Ghost ?

    trims ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ada yang versi 6 cell ya? atau pakai baterai buatan pihak ketiga? Kalau emang begitu, tanya langsung ke Lenovonya aja, demi keamanan :)

      Untuk ngegame sekelas COD Black Ops masih jalan dengan setingan low, belom tau kalo Ghost, tapi overall untuk menjalankan game dengan GPU Nvidia GT720M settingya Low

      Hapus
  12. Ralat: Laptop ini sudah saya beli dan bisa dipakai untuk main Far Cry 3 dalam settingan high :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. serius gan? temen kos ane maen FC3 grafik medium mentoknya. high udh ngelek. GPU laptop temen ane padahal Nvidia Geforce GT740M yg jauh diatas GT720M, baik dr performa maupun benchmark score

      Hapus
    2. tanya gan, ini laptop cepat panas ga ya? maksimal pemakaian kira2 brp jam?
      trims, maklum saya sedikit maniak game terutama yg online kyk DN :) mohon pencerahan ya

      Hapus
    3. enggak gan. ane pengguna yg core i5 nya. lenovo terkenal dgn cooling systemnya. kalo agan cuma pake buat office, internetan, game ringan kayak DN, laptop ini ga akan panas sama skali. dan selama gak panas, agan nyalain 24 jam juga kuat2 aja sih laptopnya. kcuali agan pake buat maen game kayak crysis, gta4, sleeping dogs, ngopi file besar, dll, baru kerasa agak panas gan. kalo maen game besar, paling maksimal sih 2-3 jam aja gan, jangan lama2. kasian laptopnya ntar. hehe. lebih bagus lagi agan kasih cooling pad saat laptop panas. tp kalo lg adem, ga perlu cooling pad. soalnya bisa bikin kotor bag dalem laptop dan bisa bikin laptop terasa lebih panas dr biasanya krn kotoran debu

      Hapus
  13. Om, bro, yang jual laptop ini dimana yah? Bhinneka udah hbis ktnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di www.rakitan.com
      tanya cp nya aja dulu utk masalah stok

      Hapus
  14. tambah 1 lagi kelemahan laptop ini, stelah cek via cpu-z, laptop ini hanya punya slot sata1 dan sata2. msh blom support sata3. jd tidak disarankan utk upgrade from hdd to ssd. krn sdikit percuma gan, meskipun support, tp bisa mengurangi performa asli dr ssd-nya. lagian, chipsetnya msh pake HM76, bukan HM77. HM76 blom support intel smart response technology, yg bisa bikin cache dan menambah performa ssd itu

    BalasHapus
  15. permisi agan ..
    ane pengguna lenovo G400s i3 ..
    ane mau tanya gimana ya cara instalasi cd drivernya..
    mohon pencerahannya gan ..
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya gimana? emang gak ada cd drivernya??

      Hapus
    2. setau ane driver bawaan yd di CDnya buat windows 8 gan. kalo agan pake windows xp atau 7, bisa donlot sendiri drivernya

      Hapus
  16. gan, ane baru aja beli nih laptop lenovo g400s i3 yg ram nya hanya 2gb. nah ane nyoba main PES 2013 tapi kok ngelag ya ? apa karena RAM nya atau apa nya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setingannya apa gan? coba paling low dulu

      Hapus
    2. settingan high gan, ok ane coba. itu karena apa ya gan ?

      Hapus
    3. karena emang hardware laptopnya gak mumpuni untuk mainin dengan setingan high

      Hapus
    4. tetep aja gan ane settingan low-medium masih tetep lag dan cursor name waktu main geter2 sendiri

      Hapus
    5. aneh, harusnya sih lancar jaya, coba baca2 ini gan, sapa tau bisa membantu

      http://kluic.blogspot.com/2013/05/cara-agar-laptop-lancar-main-pes-2013.html

      http://ujangyoyo.blogspot.com/2013/04/mengatasi-pes-yang-tidak-jalan-akibat.html

      Hapus
    6. coba agan zakaria klik kanan di shortcut pes'13 --> run with graphics processor --> high performance NVIDIA processor. kalau tetep ngelag, cb update driver vga nya, dan segala driver yg perlu di update. trus coba jalankan lagi. kalo msh ngelag juga, silahkan bongkar2 info dr blog yg dikasi agan hendra. semoga membantu

      Hapus
  17. gan kantor asaya baru beli Laptop ini dan mengharuskan memakai OS XP, di sebabkan aplikasi keuangan kantor semua hanya suport XP mohon share driver untuk XP3. mohon kirim ke finfit2013@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah ane share di atas gan: http://support.lenovo.com/en_US/downloads/detail.page?DocID=DS004144

      Hapus
  18. gan,bantuin ane dong, ane baru beli nih g400s 485-i5 , harganya skrng 6jt , nah ane kan nginstall windows & driver sendiri , nah pas ane cek kok vga yg terdeteksinya yg intel standrad ya? , yg nvidia 2gb nya malah gk ada , padahal stiker nvidia nya ada..,jd river nvidianya gk bisa diinstall...,mohon inpo ya...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok gak bisa instal drivernya gan? pake OS apaan? coba cek disini kalo drivernya gak tersedia http://support.lenovo.com/en_US/downloads/detail.page?DocID=DS004144

      Kalu sudah dan masih gak kedetek, coba ini: Masuk ke Nvidia control panel -> manage 3D settings > Preferred graphics processor: pilih High-performance NVIDIA Processor -> Set PhysX configuration > Select a PhysX processor: pilih GeForce 720M, atau yg seperti menu2 itu.

      Hapus
    2. udah gan , udah pake app GPU juga, tetep gk bisa ke detect jadi drivernya gagal terus setiap mau di install, os windows 7 ultimate..thx

      Hapus
    3. coba baca2 disini gan http://www.kaskus.co.id/thread/522369778327cffe7a000005/notebook-lenovo-g400s-6485-i5-3230m--gt720m/1

      Hapus
  19. wah recommended nih laptop yah lumayan buat referensi kebetulan sy mw beli laptop baru juga. kira2 yg udah pernah make buat lama batre kuat nyampe brp jam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane nyoba browsing pake batre, tahan 4 jam. kondisi batre udh 2 minggu setelah pembelian.

      Hapus
  20. klo dengan Lenovo G480 intel core i5 3230m bagusan mana gan ?? mending yang g480 atao yg g400 ??

    BalasHapus
  21. mending g400 atao g480 core i 5??

    BalasHapus
  22. Gan, kalo mengganti mem RAM sendiri, itu bisa ngilangin garansi nya ga..?! Kalo iya, apa bisa saya ganti RAM nya ke SC Lenovo dan garansi saya tetep berlaku..?! Mohon pencerahan gan..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lenovo kurang tau, tp setauku kalo mau buka cover ram itu ada baut yang disegel, otomatis ngilangin garansi

      Hapus
  23. Gan ane mau beli laptop baru ini
    kira" bagusan mana antara g400s dengan g405s?
    kuliah saya banyak dalam progaming dasar sama desain desain gitu
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. g400s gan, tp kalo mau lebih hemat ya yg g405s

      Hapus
  24. gan, di lenovo g400s kok ga bisa di detect bluetooth device lainye? padahal udah update drivernya.. trus di leptop ane jga gabisa nge detect bluetooth device lain..

    BalasHapus
  25. Harga laptop Lenovo IdeaPad G400s 485 dikisaran 5 jutaan, hadir ... inotebooki5.blogspot.de

    BalasHapus
  26. Gan, kalau untuk performance (games, multimedia) pilih acer E1-451G atau lenovo G400S 485 ? Kalau untuk harga pilih mana ?

    BalasHapus