OPPO N1, smartphone dengan fitur revolusioner

 On 22 Okt 2013  

OPPO N1

Beberapa bulan sebelum peluncuran OPPO N1, sebenarnya sudah terhembus kabar bahwa OPPO sedang mempersiapkan sebuah smartphone dengan kemampuan kamera yang diatas rata-rata smartphone lainnya. Namun cukup sulit untuk mendapatkan bocoran-bocoran fitur-fitur kerennya apalagi melihat penampakan smartphone-nya, kecuali mantengin akun sosial media OPPO yang setia bocorin sedikit kehebatan smartphone barunya, tapi kalau dikumpulin tetep saja masih masih sulit untuk menerka seperti apa rupa smaprthone ini.

Bertepatan dengan 5 tahun perilisan perdana smartphone Android, pada 23 September 2013 yang lalu menjadi hari yang bersejarah untuk OPPO dengan memperkenalkan smartphone terbaru mereka, OPPO N1, yang hadir dengan banyak inovasi dengan fitur –fitur yang revolusioner seperti kamera yang bisa diputar; O-Touch, sebuah panel sentuh yang diletakan di belakang bodynya; serta O-Click, sebuah remot yang bisa mengendalikan smartphone dalam jarak 50 meter. Hebatnya, OPPO bisa menyimpan rapat-rapat produk barunya itu tersebut sampai hari perilisan sehingga tidak ada bocoran gambar smartphone terbaru OPPO ini dan membuat orang-orang menebak seperti apakah rupa smarphone ini. Hal ini memberikan ‘efek kejut’ bagi orang-orang yang melihat N1 untuk pertama kalinya, karena N1 menghadirkan fitur-fitur yang revolusionar. Hal ini jarang terjadi pada produk smartphone lainnya yang sering terjadi bocoran gambar yang menyebar dengan cepat melalui internet sebelum perilisannya. Dan sayangnya ketika perilisan, smartphone ini nampak sama dengan bocoran yang sudah ada dan parahnya minim inovasi yang disematkan sehingga seolah-olah tidak ada yang berkata 'surprise' ketika produk ini dirilis. OPPO memang pintar menjaga rahasia, cocok dijadiin temen curhat #curcol.

surprise you!


Fitur yang inovatif:


Kamera yang bisa diputar


Efek selfie pake N1

OPPO N1 menghadirkan inovasi-inovasi yang sebenarnya sederhana, namun benar-benar memberikan kemudahan bagi penggunanya. Sektor kamera adalah salah satu contohnya. Penggunaan engsel yang memungkinkan untuk merotasi kamera beresolusi 13 MP sejauh 206 derajat sehingga memungkinkan untuk digunakan juga sebagai kamera depan. Singkat kata OPPO hemat satu kamera. Kamu yang hobi selfie, mungkin sering sebel kalau hasil foto dengan kamera depannya gak fokus dan kualitasnya jauh berbeda dengan hasil kamera belakangnya. Tapi, dengan N1 semuanya bisa teratasi. Kamu gak usah repot-repot bolak-balikin hp lagi untuk dapatkan kualitas selfie terbaik, tinggal putar saja kameranya, dan kamu akan dapatkan hasil selfie setara kualitas kamera utamanya. Berhubung saya gak hobie selfie, jadi mungkin akan saya gunakan untuk sesuatu yang lebih kreatif #Angkat-angkatAlisDuaKali.

rotate the camera

take her beautiful picture

make her impressed! credit: here

Asiknya, dua buah flash light yang menemaninya akan memberikan cahaya yang lebih soft layaknya menggunakan difuser jika dipakai untuk kamera depan sehingga hasil foto tidak nampak gelap ketika menggunakan flash light-nya.

O-touch dan O-click:


Pernah Anda merasa kesulitan mengoperasikan smartphone dengan layar besar? Jika iya, sama, saya juga. Namun, N1 punya solusi menarik untuk mengatasinya, N1 menempatkan sebuah panel sentuh di belakang, layaknya trakpad pada laptop, yang disebut O-click. Fungsi O-click banyak, bisa digunakan untuk navigasi pada menu-menu yang ada pada layar, scrolling pada browser, dan juga untuk memotret sehingga layar tidak terhalang jari.

Fitur menarik lainnya adalah O-click, sebuah remote yang dioperasikan dengan bluetooth hingga jarak 50 meter. Ini bisa menjadi solusi orang pelupa seperti saya ketika mencari smartphone dengan cepat, karena dengan remote tersebut, kita bisa membunyikan alarm dalam jarak 5 meter sehingga dengan mudah menemukan smartphone kita. Remote yang sebesar gantungan kunci ini juga berguna untuk memotret banyak orang tanpa meninggalkan kita. Tinggal meletakan N1 di tempat yang dapat mengcover semua orang, dan kita tingga memencet tombol pada O-click, dan taaadaaa kita juga ada di foto tersebut.

Prepare

Ready..

Shoot!

And never miss the chance :D

Spesifikasi kamera N1:

Kamera yang disematkan OPPO pun tidak main-main. Walaupun hanya beresolusi 13 MP namun teknologi didalamnya membuat kamera N1 mampu menghadirkan kualitas dan kreatifitas bagi penggunanya. Tengok saja penggunaan lensa 6 elemen yang menghadirkan gambar lebih jernih dan mengeliminasi distorsi, bukaan sebesar F/2.0 yang akan menghasilkan foto lebih terang ketika pemotretan di tempat yang kurang cahaya, dan kemampuan long exposure hingga 8 detik. Teknik long exposure biasanya digunakan ketika kita sedang bermain-main dengan cahaya seperti melukis menggunakan cahaya atau membuat track berupa cahaya dari suatu kendaraan atau benda berjalan yang mengeluarkan cahaya yang biasa disebut light trail.

contoh light trail; credit: here

Contoh light trail 2; credir: here

Ccntoh light trail; credit: here


Spesifikasi gahar:


Kurang lengkap rasanya sebuah smartphone yang hadir dengan fitur-fitur revolusioner seperti ini tapi hadir tanpa kemampuan yang mumpuni. Tenang, OPPO N1 hadir dengan spesifikasi kelas atas yang menghasilkan performa tanggun di kelasnya. Hadir dengan prosesor Quad-core Snapdrago 600 berkecepatan 1,7 Ghz, GPU Adreno 320, dan RAM sebesar 2 GB, lag menjadi tabu untuk smartphone ini. Dengan spesifikasi gahar seperti ini, N1 cocok untuk menemani kegiatan sehari-hari, mulai dari browsing, komunikasi, dengerin musik, nonton film hingga bermain game 3D. Hal ini didukung pula dengan penggunaan layar sebesar 5,9 inch dengan resolusi 1080p dan baterai sebesar 3.610mAh. N1 juga menghadirkan kapasitas penyimpanan sebanyak 16 GB dan 32 GB, yang siap menyimpan ribuan lagu favoritmu, film, game, dokumen, hingga foto-foto kamu. Keluaran suara dari N1 pun dijamin yahud karena dukungan Dolby 1.5 Digital Sound.

Spesifikasi segahar ini, tentunya harus didukung dengan sistem operasi yang mumpuni. OPPO membekali N1 dengan ColorOS, sistem operasi racikan OPPO berbasis Android 4.2 Jelly Bean. Dalam platform Color OS ini menyediakan berbagai hiburan seperti game, e-bookreader, aplikasi, themes, dan wallpaper. Selain ColorOS, OPPO juga akan menghadirkan ROM buatan Cyanogen yang berbasis Android juga. Kalau kalian hobi mooding Android, pasti udah pada tahu Cyanogen dong. N1 menjadi smartphone pertama yang akan menggunakan ROM racikan Cyanogen setelah Cyanoge berbubah menjadi sebuah perusahaan.


No more lag. Yes more happiness

Indonesia ke-2


Ketika perilisannya di China bulan lalu, saya langsung bermimpi untuk menjadi orang Indonesia pertama yang punya ni smartphone, ya walaupun bisa saja di dahului oleh petinggi-petinggi OPPO Indonesia sendiri ataupun pemenang kuis OPPO lainnya, paling nggak saya bisa menjadi salah satu orang Indonesia yang up to date dengan teknologi terkini dam merasakan pengalaman-pengalaman seru bareng N1, hahaha. Tapi, biasanya kan Indonesia bukan pasar utama dari sebuah produk baru yang dirilis, jadi harus menunggu lama dong? Untungnya, jawabanya adalah "Tidak lama".

OPPO memang pemain baru di dunia smartphone. Sejak berdiri pada 2004 yang lalu, perusahaan asal China ini memproduksi berbagai macam perangkat elektronik termasuk MP3 player, Blu Ray disk player, DVD player dan LCD TV. Namun mulai 2008 yang lalu, OPPO juga memproduksi smarphone dan dengan cepat menjelma menjadi kuda hitam melawan nama-nama besar produsen smarphone yang telah lebih dulu bermain di pasar ini. OPPO sendiri masuk ke Indonesia baru pada bulan April yang lalu, namun semenjak kehadirannya di Indonesia, OPPO telah menawarkan smartphone dengan kualitas terbaiknya seperti Find 5. Tidak mengherankan OPPO dengan cepat menjadi primadona baru untuk calon konsumen.

Meskipun baru masuk ke Indonesia, OPPO serius menghadirkan smartphone-smarphone andalanya sesegera mungkin di Tanah Air. Hal ini terbukti dengan perilisan OPPO N1 di Indonesia pada 16 Oktober yang lalu, kurang dari sebulan setelah perilisannya di China, dan menjadikan Indonesia negara kedua setelah China yang menghadirkan OPPO N1 secara resmi, sedangkan perilisan N1 untuk pasar globar baru akan digelar bulan depan. Dan bersiaplah untuk meminang N1 pada Desember mendatang.


You should have

Kata-kata terakhir:


Kalau saya dengar kata 'ponsel cina', pasti yang terlintas di pikiran saya adalah ponsel dengan kualitas rendah, cepat rusak dengan harga murah dan hanya untuk kalangan menengah kebawah. Saya pikir, orang lain yang mendengarnya juga akan memikirkan hal yang sama. Namun OPPO, sebagai salah satu pordusen smartphone asal Cina perlahan merubah persepsi tersebut. OPPO tidak hanya berorientasi pada harga yang bersahabat, namun juga kualitas produk ponsel yang baik. Hal ini perlahan mulai merubah persepsi orang-orang akan ponsel Cina, yang tadinya memandang sebelah mata, namun perlahan mulai menjadi daya tarik utama konsumen kelas menengah atas. That's Nice. Teruslah memproduksi ponsel berkualitas.



Baca juga: OPPO N1 hadir dengan Inovasi baru, dan ketersediannya di Indonesia
OPPO N1, smartphone dengan fitur revolusioner 4.5 5 Unknown 22 Okt 2013 OPPO N1 hadir dengan kemera yang dapat diputar dengan kemampual long exposure selama 8 detik OPPO N1 Beberapa bulan sebelum peluncuran OPPO N1 , sebenarnya sudah terhembus kabar bahwa OPPO sedang mempersiapkan sebuah smartphone d...


2 komentar: