Review Lenovo Ideapad Y410P-4846, laptop gaming Core i7 Haswell dengan Geforce GT 750M

 On 20 Agu 2013  

Laptop Gaming Lenovo Ideapad Y410P

Lenovo kembali mengeluarkan notebook terbaru mereka yang dilengkapi dengan prosesor Intel Core i generasi keempat, Haswell. Lenovo Ideapad Y410P-4846 yang diposisikan untuk kelas menengah keatas menawarkan kualitas multimedia yang mumpuni dengan desain yang ekslusif. Sebut saja Core i7 4700HQ yang bertandem dengan GPU Nvidia Geforce GT 750M sudah sedikit memberikan gambaran kekuatan dari notebook ini. Bagaimana performa dari notebook ini? Berikut reviewnya:

Performa:

Lenovo Ideapad Y410P-4846 dilengkapi dengan prosesor Intel Core generasi keempat, Core i7 4700HQ, yang memiliki kecepatan 2,4 Ghz, sama seperti pada Asus X450JF-WX012H. Prosesor empat inti ini ditandemkan dengan GPU Nvidia Geforce GT 750M dan RAM sebesar 8 GB DDR 3. Memiliki spesifikasi seperti ini, tentu saja notebook ini mampu melahap game keluaran terbaru dengan cukup mudah. Nvidia Geforce GT 750M sendiri memiliki performa GTX 660M yang hadir juga pada notebook gaming Asus, G series, notebook gaming MSI, dan seri Ideapad yang lainnya. Walaupun terlahir tidak dipromosikan secara khusus untuk gaming, namun lebih untuk multimedia secara kesuluruhan, perfoma notebook ini untuk gaming terbilang mumpuni. Untuk gambarannya, notebook dengan prosesor Core-i7 4700MQ yang memiliki performa sedikit dibawah 4700HQ saja mampu menjalankan Mass Effect 3 hingga 37 fps pada setingan high dan Dead Space 3 yang meraih hingga 40 fps. Namun, untuk Crysis 3 hanya nyama dimainkan pada setingan medium dengan meraih 30 fps, sedangkan untuk setingan high dan ultra high masing-masing 21 fps dan 8 fps. Begitu juga dengan Far Cry 3 yang akan nyaman dimainkan pada setingan medium dengan 53 fps sedangkan untuk setingan high dan ultra high masing-masing 26 fps dan 8 fps. Notebook ini juga memiliki frame rate yang tidak akan jauh berbeda dengan notebook berprosesor Core-i7 4700MQ dengan spesifikasi yang sama.





Penggunaan prosesor quad-core dengan RAM sebesar 8 GB memberikan kenyamanan dalam melakukan multitasking, juga sudah cukup untuk menjalankan kebanyakan aplikasi dan game pada saat ini dengan lancar. Untuk seri ini, hanya dilengkapi dengan penyimpanan HDD sebesar 1 TB, sedangkan varian lainnya dari seri Y410P hadir dengan SSD cache sebesar 24 GB.





Fitur:

Dirancang untuk kebutuhan multimedia, termasuk game 3D, notebook Lenovo ini hadir dengan sejumlah fitur-fitur penunjang multimedia lainnya. Premium JBL® Speakers dengan Dolby® Home Theater® v4 menjadikan keluaran suara dari notebook yang lebih jernih, menghilangkan distorsi pada volume tinggi, baik melalui speaker denga gril metalnya ataupun headphone. Lenovo juga membekalinya dengan Backlit Accutype Keyboard sehingga akan lebih nyaman digunakan pada konsidi kurang cahaya. Selain pada gril speaker, Lenovo juga memberikan finishing metal pada eksterior notebook ini yang memberikan kesan mewah. Ada juga Always-On USB Port, dimana Anda bisa menglakukan charging pada gadged Anda walaupun dalam keadaan mati. Untuk konektifitas dan interfacenya terbilang lengkap: WiFi, Bluetooth 4.0, 2x USB 2.0 (one always on), 1x USB 3.0 SuperSpeed, 6-in-1 card reader (SD, SDHC, SDXC, MMC, MS, MS-Pro), Headphone, Microphone, HDMI-out, dan VGA port (15-pin) hadri pada notebook ini. Juga dilengkapi dengan baterai 6 cell yang diklaim mampu memberikan tenaga hingga 5 jam.

Harga:

Dengan performanya yang tinggi, desain yang mewah, tak mengherankan jika notebook ini dihargai di kisaran 10 jutaan, tepatnya 10.499k rupiah. Bandrol tersebut dirasa cukup andil untuk notebook ini dimana Anda bisa mendapatkan pengalaman multimedia yang baik dengan Windows 8 sebagai sistem operasinya.

Kesimpulan:

Merogoh koceh cukup dalam untuk notebook ini cukup adil dengan apa yang akan kita dapatkan. Performa prosesor yang mumpuni, GPU yang powerfull, dan RAM yang besar berbelut desain ekslusif menjadi daya tari dari notebook Lenovo ini. Walaupun tidak masuk dalam kategori ultrabook, namun notebook ini masih memiliki ketebalan yang wajar, tidak terlalu tebal seperti notebook yang terlahir untuk gaming, dan berat yang masih mumpuni untuk mendukung mobilitas, 2,5 Kg. Alternatif lainnya adalah Asus X450JF-WX012H, dengan merogoh kocek 1 juta lebih sedikit dari notebook ini, Anda akan mendapatkan notebook dengan GPU setingkat dibawahnya dan RAM 4 GB saja. Jadi, pilih yang mana?

Spesifikasi:
  • Processor: Intel Core i7 4700HQ-2.4GHz Turbo 3.4GHz
  • Memori: 8 GB DDR3
  • GPU: NVIDIA® GeForce® GT 750M 2GB DDR3 VRAM 
  • Ukuran Layar: 14" WXGA HD Anti-Glare
  • Max. Resolusi Layar: 1366 x 768
  • Teknologi Layar: LED Backlit
  • Optical Drive: Super-Multi DVD
  • Audio: Dolby Home Theatre v4 audio certification
  • Speaker: JBL® designed speakers
  • Hard Drive Type: 1 TB GB
  • Networking: Integrated
  • Kecepatan Jaringan: 10 / 100 Mbps
  • Wireless Network Type: Integrated
  • Wireless Network Protocol: IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
  • Wireless Bluetooth: Yes
  • Keyboard: Backlit AccuType keyboard
  • Input Device: Touchpad
  • Antarmuka / Interface: 2x USB 2.0 (one always on), 1x USB 3.0 SuperSpeed, 6-in-1 card reader (SD, SDHC, SDXC, MMC, MS, MS-Pro), Headphone, Microphone, HDMI-out, VGA port (15-pin)
  • OS: Windows 8
  • Baterai: 6 Cell
  • Daya / Power: External AC Adapter
  • Dimensi: 350 x 245 x 15 - 33 mm
  • Berat: 2,5 Kg

Galeri:









Sumber: Lenovo, notebookcheck, cpuboss, kliknklik
Review Lenovo Ideapad Y410P-4846, laptop gaming Core i7 Haswell dengan Geforce GT 750M 4.5 5 Unknown 20 Agu 2013 Laptop Gaming Lenovo ini hadir dengan GPU Nvidia Geforce GT750M dengan prosesor Quad-core Intel Core i7 Lenovo kembali mengeluarkan notebook terbaru mereka yang dilengkapi dengan prosesor Intel Core i generasi keempat, Haswell. Lenovo Ideapad ...


5 komentar:

  1. Balasan
    1. kurang tau tepatnya sih, kemarin sempet liat di bhineka, tapi tak cari gak ada, kalo d kliknklik masih coming soon

      Hapus
  2. cukup susah juga barang nya, 3 hari lalu cek ke hitechmall surabaya stok nya pada abis semua trus malah di tawarin yg Y400.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. sama kayak ane gan.. hari ini muter2 di hitechmall gag ketemu...
      agan klo ketemu, beritahu ya..:D

      Hapus