Review HP Envy TouchSmart 15-J018TX, notebook high-end dengan Haswell

 On 16 Agu 2013  

notebook HP Envy TouchSmart 15-J018TX

Ketika banyak produsen notebook berlomba-lomba mengeluarkan ultrabook dengan prosesor Intel Haswell, HP mengambil langkah berbeda dengan merilis HP Envy TouchSmart 15-J018TX, walaupun tanpa optikal drive, namun memiliki ketebalan nyaris 3 cm tentu saja tidak bisa digolongkan sebagai ultrabook. Walaupun demikian, nnotebook high-end ini mengusung prosesor terbaru Intel Haswell dengan pemrosesan grafis keluaran Nvidia. Hadir dengan layar 15,6 inch berteknologi layar sentuh, notebook ini dibandrol di kisaran 12 juta rupiah, cukup mahal memang, namun apakah berbanding lurus dengan performa yang diberika? berikut ulasannya:

Performa:

HP Envy TouchSmart 15-J018TX dibekali dengan Intel Core i7 generasi keempat, Core i7-4700MQ, dengan kecepatan 2,4 Ghz dengan turbo boost hingga 3,4 Ghz. 'MQ' dibelakang seri prosesor menandakan prosesor ini memiliki empat inti, Mobile-Quad, yang menjanjikan performa tinggi dalam komputasi. Selain Core i7-4700MQ, HP Envy TouchSmart 15-J018TX juga dibekali dengan GPU Nvidia Geforce GT740M 2GB, sama seperti notebook gaming MSI terbaru, GP60 dan GP70 serta notebook Asus, A46CB-WX023D. Walaupun demikian, performa pemrosesan grafis notebook ini semakin maksimal berkat penggunaan prosesor quad-core berperforma tinggi dibandingkan milik Asus atau bahkan MSI GP60 dengan prosesor Core i5. Tidak hanya itu, untuk mendukung performa multitasking yang tinggi, HP membekali notebook ini dengan RAM, tak tanggung-tanggung, 16 GB DDR3. Walaupun HP tidak mengkhususkan notebook ini untuk para gamers, namun dengan spesifikasi yang ada, notebook ini layak juga disebut sebagai notebook gaming 'murah'.



Yang cukup disayangkan, seperti produk HP Pavilion M4-1006TX yang dibekali hardware berperforma tinggi namun harga yang terjangkau, media penyimpananya masih menggunakan HDD. Hal ini bisa dimaklumi karena penggunaan HDD akan menekan harga jual notebook ini. Dengan HDD berkapasitas 1 TB, Anda memiliki keleluasaan untuk menginstal banyak aplikasi dan game ataupun menyimpan lebih banyak data lagi.

Fitur:

Sebagai notebook high-end, HP Envy TouchSmart 15-J018TX sebenarnya hadir dengan fitur-fitur standard saja, namun penggunaan layar sentuh sebesar 15,6 inch memberikan nilai lebih pada notebook ini. Jika dibandingkan dengan notebook gaming seperti MSI GP70 yang hadir dengan layar non-touch screen, penggunaan layar sentuh pada notebook (gaming) ini akan memudahkan Anda berinteraksi dengan aplikasi yang ada. Sayangnya, karena notebook ini bukan dikhususkan untuk gaming, layar 15,6 inch-nya tersebut hanya memiliki resolusi WXGA, 1366 x 768, saja. Fitur lainnya terbilang standard seperti port HDMI, USB 3.0, dan card reader.

Harga:

Mengusung hardware terbaru dan berperforma tinggi, tidak mengherankan jika notebook ini dibandrol diatas 10 juta. HP Envy TouchSmart 15-J018TX dibandrol seharga 12,5 juta rupiah. Namun, harga ini berbanding lurus dengan apa yang didapatkan, layar touch screen besar dengan performa notebook yang tinggi.

Kesimpulan:

Siapapun Anda, gamers atau eksekutif muda, bisa menjadikan notebook ini sebagai pilihan pendamping kegiatan Anda sehari-hari. Hadir dengan desain ekslusif, mirip Mac, sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa stylis. Dipadu dengan performa yang tinggi, notebook ini juga cocok juga bagi Anda yang gemar bermain game, gamers. Kekurangan dari notebook ini yang mungkin menggangu bagi gamers adalah penggunaan resolusi yang hanya XWGA, sedangkan kebanyakan notebook gaming mengusung resolusi 1600 x 900, bahkan 1080p, walaupun tetap saja ada yang menggunakan resolusi XWGA. Namun, Anda bisa menyambungkan dengan layar yang lebih besar via port HDMI. Walaupun tidak masuk dalam kategori ultrabook, dengan ketebalan nyaris 3 cm dan berat 2,5 Kg, notebook ini patut menjadi pertimbangan bagi Anda yang mencari notebook dengan performa tinggi, berdesain stylis, dengan harga yang 'terjangkau'.

Spesifikasi HP Envy TouchSmart 15-J018TX:
  • Processor: Intel® Core™ i7-4700MQ Processor (3.40 GHz, Cache 6M)
  • Memori: 16 GB DDR3
  • GPU: Nvidia Geforce 740M 2 GB
  • Ukuran Layar: 15,6" WXGA
  • Max. Resolusi Layar: 1366 x 768
  • Teknologi Layar: HD Brightview LED-backlit, Touchscreen
  • Audio: Integrated
  • Speaker: Speakers
  • Hard Drive Type: 1 TB SATA 5400 rpm
  • Networking: Gigabit NIC
  • Kecepatan Jaringan: 10 / 100 / 1000 Mbps
  • Wireless Network Type: Integrated
  • Wireless Network Protocol: IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
  • Wireless Bluetooth: Yes, 4.0
  • Keyboard: Full Size, island-style keyboard
  • Input Device: HP Clickpad supporting multi-touch gestures without on/off button
  • Card Reader Provided: Multi-Format Digital Media Card Reader
  • Antarmuka / Interface: 4 x USB 3.0, 1 x HDMI, 1 x LAN, 1 x Headphone-out/microphone-in combo jack
  • OS: Win 8 64 bit
  • Baterai: 6 Cell
  • Daya / Power: External AC Adapter 120 W
  • Dimensi: 37.95 x 25.07 x 2.99 cm
  • Berat: 2.56 kg

Galeri:





Review HP Envy TouchSmart 15-J018TX, notebook high-end dengan Haswell 4.5 5 Unknown 16 Agu 2013 Review notebook HP Envy TouchSmart 15-J018TX, notebook high-end dengan Haswell. Ketika banyak produsen notebook berlomba-lomba mengeluarkan ultrabook dengan prosesor Intel Haswell, HP mengambil langkah berbeda dengan me...


13 komentar:

  1. Halo mas...thanks atas reviewnya.Minta sarannya dong mas. Saya banyak melakukan proses desain menggunakan Photoshop dan Lightroom. Mending beli ini atau Lenovo IdeaPad 410? Dari sisi layar bagus mana mas? Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari speknya sih masih milih HP Envy TouchSmart 15-J018TX, sedangkan untuk layar, HP lebih besar dengan resolusi 1080p touchscreen, tapi Lenovo sudah pake layar anti-glare 14 inch 1366 x 768, jadi gak memantulkan cahaya seperti layar glossy.

      Kalau yang dimaksud adalah kualitas warnanya, dan agan seorang profesional, keduanya memang nggak dibuat untuk kebutuhan seperti itu, jadi wajar aja kalau ada warna yang 'ngaco' pas editing disini dan kemudian kita pindah ke prangkat lain. Kalau agan bukan profesional, abaikan masalah warna, dan sesuaikan dengan budgetnya.

      Hapus
    2. Thanks gan atas responnya yang cepet banget :-) Kalo baca spek HP Envy ini udah FHD. Apakah ada pengaruhnya ya?

      Satu lagi gan, ane mau jadi profesional jadi kayaknya cari yang lebih bagus layarnya. Ada saran gan notebook yang oke layar dan kinerjanya. Maks 14 jt? Kalo Asus N56 menurut agan gimana?

      Thanks gan.

      Hapus
    3. Kalo untuk profesional, Macbook series bisa jadi pilihan tepat, tapi kalo memang mau pilih non Apple notebook, brati agan wajib beli alat untuk kalibrasi warna, seperti Spyder. Cek referensi di bawah gan:

      Mac screen calibration: http://www.youtube.com/watch?v=tfR2xVvrp3U

      How to Calibrate Your Mac’s Display: http://mac.tutsplus.com/tutorials/customization/how-to-calibrate-your-macs-display/

      Best non MAC notebook for Photography/Retouch?: http://www.modelmayhem.com/po.php?thread_id=883480

      Official Spyder: http://spyder.datacolor.com/display-calibration/

      Hapus
    4. ralat gan, yg tadi agan maksud lenovo ideapad 410 itu U410 apa Y410p? sukanotebook.blogspot.com/2013/08/review-lenovo-ideapad-y410p-4846-laptop.html

      Kalo maksudnya Y410p, dibandingin ama ini, spekknya kurang lebih sama aja gan, untuk lenovo menang di VGA ama layarnya yg gak glossy, kalo ini menang RAM sama layarnya yg udah touch screen n lebih besar.

      Hapus
    5. Halo Mas, maaf baru balas....Iya maksud saya Lenovo Y410P. Saya sebenarnya naksir Asus N56, tetapi harganya terpaut 4 jt ama si Lenovo jadi saya mikir mendingan yang 4 jt saya beliin monitor LED aja biar puas.

      Thanks atas sarannya

      Hapus
  2. Permisi mas,mau nanya
    Setau saya kan processor haswell itu hemat energi ya?
    Di laptop ini jam pemakaiannya bisa berapa lama ya?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemat, begitu kata rilis Intel, tapi tegantung berapa besar baterai yg digunakan dan pemakaian juga kan. Dengan spesifikasi yang mirip2 kaya ini sukanotebook.blogspot.com/2013/08/review-lenovo-ideapad-y410p-4846-laptop.html, nih notebook bisa nyampe 3-5 jam lah sekali charge

      Hapus
  3. Mau tanya jenis panelnya apa ya masih TN apa sudah IPS?
    nyari2 reviewnya gak nemu sama sekali jenis panel-nya apa

    BalasHapus
  4. siang mas, kalau dibanding dengan asus n550jv sama lenovo ideapad y510p menurut
    anda lebih baik yang mana ya?
    mohon bantuannya, thanks

    BalasHapus
  5. pagi gan ane lagi bingung nih antara ni leptop ama si asus x450jf ane bukan gemer berat kalau agan jadi ane agan ambil yang mana

    BalasHapus
  6. Hi... Salam.. Setelah saya membaca
    artikel ini ternyata banyak membantu buat saya.
    Namun saat ini saya sedang mencari produk ini.

    Namun adapun harga yang ditawarkan oleh : http://www.itosa.co.id/

    Apakah sudah cukup bagus atau belum ya.. ? mohon
    sekali atas sarannya dari anda, Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, terima kasih..

    BalasHapus