Project Ara, smartphone yang bisa diupgrade dari Motorola

 On 29 Okt 2013  

Project Ara Motorola

Masih ingat dengan Phoneblock? Sebuah smartphone konsep garapan Dave Hakkens dimana bagian-bagian smartphone bisa di upgrade. Konsep tersebut nampak seperti lego, dimana bagian-bagian dari sebuah smartphone seperti baterai, kamera, bluetooth, prosesor, dan lain-lain bisa dipisahkan sehingga ketika kita ingin mengupgrade atau ada kerusakan, tinggal membeli bagian tersebut untuk di upgrade maupun diganti. Dalam perjalannanya, Dave Hakkens sebagai kreator memiliki pemikiran bahwa konsep seperti ini seharunya dilakukan oleh sebuah perusahaan sehingga Dia tidak mengumpulkan uang melalui crowdfunding, melainkan mengumpulkan dukungan thunderclap. Dan sepertinya konsep smartphone seperti ini akan segera menjadi kenyataan.

Project Ara



Project Ara merupakan project terbaru dari Motorola dimana memiliki konsep yang sama seperti Phoneblock milik Dave Hakkens. Hal ini secara resmi telah dikabarkan melalui blog resmi Motorola bahwa mereka telah menyelesaikan sisi teknis secara mendalam dari konsep ini dan sekarang memasuki tahap komunitas dan relawan untuk memberikan desain dari modul-modul hardware smartphone tersebut. Tim dari Motorola ini juga bekerja sama dengan sang kreator Phoneblock, Dave Hakkens, sehingga bisa dibilang bahwa konsep Dave Hakkens (akan segera) menjadi kenyataan dalam beberapa waktu kedepan.

Ide dari Project Ara sama dengan Phoneblock, agar sebuah smartphone bisa memiliki umur yang lebih lama. Daripada membeli smartphone baru hanya untuk mengupgrade smartphone lamanya, konsumen hanya akan membeli bagian yang ingin di upgrade tanpa harus membeli secara keseluruhan smartphone.

Anda juga bisa berpartisipasi dalam project ini dengan mendaftarkan diri di www.dscout.com/ara. Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan versi awal dari smartphone ini secara gratis untuk 100 relawan teraktif.

Nantinya, modul-modul hardware yang akan disediakan terdiri dari CPU, layar, baterai tambahan, sensor eksternal, dan apapun yang masih bisa dipikirkan. Dalam beberapa bulan kedepan, Motorola akan membagikan undangan untuk developer memulai mengerjakan modul-modul yang dibutuhkan. Motorola juga akan merilis Module Developer Kit (MDK) versi alpha pada musim dingin mendatang.

Note: Mungkin beberapa dari Anda tertarik untuk bergabung dalam Dscot, sayangnya aplikasi Android Dscot tidak tersedia untuk Indonesia, Anda bisa mengirim emali ke projectara@dscout.com dengan subjek "dscout location incompatability‏" atau bisa juga email ke saya (lihat tentang) untuk kemudian saya kirimkan aplikasinya :).
Project Ara, smartphone yang bisa diupgrade dari Motorola 4.5 5 Unknown 29 Okt 2013 Project Ara, sebuah smartphone yang bisa di upgrade layaknya komputer dekstop segera menjadi kenyataan Masih ingat dengan Phoneblock ? Sebuah smartphone konsep garapan Dave Hakkens dimana bagian-bagian smartphone bisa di upgrade. Konsep te...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar